Sabtu, 17 Maret 2012

Warga Kotabaru Berharap Jalan

Warga Berharap Jalan

KOTABARU – Ternyata masyarakat Kotabaru masih kepada pembangunan jalan dalam ajuan prioritas mereka setiap tahunnya, setidaknya bagi masyarakat Kecamatan Pulau Laut Utara. “Dalam rapat musrenbang (musyawarah rencana pembangunan) sama seperti tahun-tahu kemarin, warga seperti di Desa Sebelimbingan dan sekitarnya masih memprioritaskan pembangunan jalan,” ujar Camat Pulau Laut Utara, Drs Johannor kepada Radar Banjarmasin, Selasa (07/02).

Memang ada usulan warga yang lain seperti bidang perikanan dan pertanian, tapi jalan-lah yang menduduki peringkat atas. Seperti diketahui, katanya, untuk jalan di daerah Sebelimbingan dan sekitarnya masih ada yang rusak dan perlu diperbaiki. Dan pihaknya sudah mengajukan usulan warga tersebut kepada pemerintah.

Disisi lain, bukan perkara mudah ternyata membangun infrastruktur jalan di Kabupaten Pulau Laut Kotabaru. Itu dikatakan oleh Kabid Bina Marga dan Sumber Daya Air (dulu Dinas PU, Red) H Adrian Noor ST MT, meski tahun ini dana pembangunan jalan sebesar Rp1 Triliun, namun itu hanya bisa membangun sekitar 10persen dari total jalan yang akan dikerjakan. “Kotabaru ini sangat luas, 25persen dari luas Kalsel secara keseluruhan,” ujarnya.

Sedangkan warga sendiri mengakui kalau pembangunan jalan di Kotabaru agak lambat. Mesi demikian mereka bisa sedikit menerima alasan dari pihak Bina Marga. Seperti dikatakan M Saripuddin guru MTs DDI Teluk Temiang Pulau Laut Barat, bahwa luasan Kotabaru, masih lebih luas dari Banjarmasin, Banjarabaru dan Martapura digabung jadi satu.

Dari itu Kabid Bina Marga mengatakan kepada Radar Banjarmasin, salah satu cara mempercepat pembangunan jalan adalah dengan menarik investor dari luar untuk mengerjakan jalan dengan sistem aturan tertentu. Dan itu harus mendapat persetujuan dari DPRD Kotabaru, sehingga bisa dibuatkan Perda-nya.

Menjawab itu, Ketua DPRD Kotabaru, Alpidri Supian Noor MAP mengatakan, silakan saja Bina Marga sesegera mungkin mengajukan usulan itu. Pihaknya juga sudah lama menantikan, bahkan sejak 2 tahun yang lalu wacana agar jalan juga digarap para investor sudah dilempar. Sayang, akunya, sampai sekarang usulan itu belum juga masuk. (mr-119)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar