Kamis, 26 Januari 2012

Pasokan Darah RSUD Kurang

RSUD Berharap Tambahan Darah 
 
KOTABARU – Sehubungan dengan adanya laporan warga Pulau Laut Barat, Ismail Marzuki kepada Radar Banjarmasin beberapa hari yang lewat tentang pasokan darah di RSUD Kotabaru yang kurang maka wartawan pada hari Kamis (26/01) mendatangi kantor RSUD untuk mencari tanggapan pihak rumah sakit atas laporan tersebut.


Sayang pada waktu itu, Direktur RSUD sedang tidak ada di tempat. Dan hanya Kabid Laboratorium, Endang Sulistianingsih yang bersedia berbicara dengan wartawan. Dia mengatakan kalau kurangnya stok darah di rumah sakit memang benar. “Salah satu masalahnya adalah karena di Kotabaru sendiri belum ada PMI (Palang Merah Indonesia),” ujar wanita ramah ini.


Untuk tahun-tahun kemarin rata-rata jumlah darah yang masuk ke rumah sakit sekitar 150 kantong, dari pendonor-pendonor yang merupakan warga Kotabaru. Jumlah itu katanya belum mencukupi kebutuhan rumah saktit dalam satu bulan. Idealnya, katanya, mereka memerlukan sekitar 200 kantong darah setiap bulannya.


Pernah juga, tambahnya, pada bulan Desember kemarin jumlah kantong darah yang masuk sekitar 200, dan itu terjadi karena ada kegiatan pendonoran darah yang diadakan oleh PT ITP Tarjun Kotabaru. Dimana selama ini memang perusahaan-perusahaan dan instansi-intansi, ujarnya, banyak membantu pasokan darah kepada pasien-pasien di RSUD Kotabaru.


Secara pribadi pun dia tentu sangat berharap agar kedepannya RSUD tidak kekurangan stok darah, hanya sayang katanya di Kotabaru belum ada PMI. “Mungkin, kampus-kampus di Kotabaru bisa mengirimkan beberapa mahasiswanya yang bersedia menjadi pendonor, maka kami akan memfasilitasi itu,” ujarnya berharap peran aktif generasi muda.


Ketika hal itu disampaikan kepada salah satu mahasiswi STIKIP Paris Barantai Jurusan Bahasa Indonesia, Christine, gadis manis dari Bakau Kecamatan Pamukan Utara ini mengatakan kesediannya menjadi pendonor. Karena, katanya, kasian kalau sampai di rumah sakit stok darah kurang, bagaimana nanti nasib para pasien yang sedang butuh tambahan darah.


Disisi lain Endang berterimasih kepada pihak PLN Kotabaru yang sudah sering membantu pihak rumah sakit dengan mengadakan berbagai kegiatan donor darah gratis, sehingga sampai sekarang rumah sakit masih bisa mengatasi para pasien yang membutuhkan tambahan darah dalam penanganannya. (mr-119)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar