Minggu, 22 Januari 2012

Jalan Kotabaru Rencana Akan Diperbaiki Dengan Cepat

Jalan Desa Kotabaru Bisa Diaspal Dengan Cepat

KOTABARU – Tahun ini diharapkan pembangunan jalan pedesaan di seluruh Kecamatan di Kotabaru bisa selesai dengan cepat dengan penggunaan dana 50persen lebih murah, karena menggunakan sistem baru, dimana pengaspalan jalan tidak perlu lagi menggunakan bebatuan, cukup disiram dengan larutan kimia.

Itu dikatakan oleh Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, hari Jumat pagi (20/11), saat dia dan kontraktor-kontraktor menyaksikan demo pengasapalan yang dilakukan oleh PT Nextbase Enterprise di jalan depan Kampus Poltek Kotabaru. Perusahaan tersebut menggunakan larutan baru bernama NBX Soil Stabilizer. Dengan larutan tersebut, katanya, pengaspalan akan menjadi lebih cepat dan lebih hemat biaya karena bebatuan yang selama ini diperlukan dalam pengaspalan, bisa diminimalisir.

“Kita bersukur dengan adanya teknologi yang baru ini. Dimana pengaspalan jalan bisa jauh lebih cepat dibanding dengan cara yang lama. Dari itu, kita mengharapkan agar para kontrakor segera mempelajari cara baru ini. Dan juga para Camat, hendaknya melaporkan setiap jalan yang rusak di daerahnya, sehingga bisa segera diperbaiki dengan cara yang labih murah dan efisien ini,” ujarnya Bupati humoris ini dalam sambutannya.

Hal tersebut dibenarkan oleh teknisi perusahaan Abdul Ghofur. Dia menambahkan, kalau pengaspalan dengan sistem dan larutan yang baru tersebut, bisa dilalui oleh kendaraan dengan muatan hingga 30 ton, sehingga sangat cocok untuk jalan pedesaaan yang banyak perusahaan perkebunannya, dimana mobil-mobil pengangkut hasil produksi perkebunan biasa lalu lalang.

Ketika ditanya, apakah daya tahan aspal jenis baru ini sama dengan aspal yang lama, maka dia menegaskan bahwa ketahanan jalan yang beraspal itu sangat tergantung dari parit. Apabila parit jalan bisa mengalirkan air dengan maksimal, utamanya ketika musim hujan, sehingga jalan tidak tergenang, maka jalan bisa awat dalam jangka waktu yang lama.

Ketika hal tersebut disampaikan kepada masyarakat, mereka menyambut dengan gembira adanya teknologi baru itu. “Sangat mendukung langkah Bupati yang terus berenovasi dengan cara-cara baru, sehingga bisa mempercepat pembangunan secara efisien dan tentunya hemat anggaran, sehingga sektor-sektor pembangunan lainnya bisa juga dimaksimalkan,” ujar Zainal Abidin guru SMPN 1 Pulau Laut Barat. (mr-119)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar