Minggu, 22 Januari 2012

Basarnas Kotabaru Siap Hadapi Bencana

Tongkang larut karena angin
BASARNAS SIAP HADAPI BENCANA DI LAUT

KOTABARU – Menjawab keresahan para warga pesisir di Pulau Laut Barat Kotabaru tentang statemen dari Staf Pengamat BMKG (Badan Meteorologi Klmatologi Geofisika) Kotabaru , Fajar yang mengatakan bahwa kemungkinan akan ada badai susulan di laut, maka pihak Basarnas (Badan SAR Nasional) Cabang Kotabaru yang diwakili oleh Staf Operasional Adi pada hari Rabu (18/01) mengatakan kesiapannya menghadapi bencana di seputaran Kotabaru.

Adi mengatakan kalau memang untuk daerah Kotabaru daerah yang paling rawan terjadinya bencana adalah di laut. Untuk tahun 2011 saja, katanya, tim Basarnas sudah berapa kali turun kelaut terkait berbagai musibah. “Jadi saya pribadi menyarankan agar untuk bulan-buan ini para nelayan hendaknya lebih waspada ketika berada dilaut, dan kalau terjadi apa-apa mereka bisa hubungi kami di 0518770911,” ujarnya.

Adapun untuk tahun ini Basarnas sendiri telah dilengkapi dengan 16 personil yang semuanya telah dilengkapi berbagai macam keterampilan termasuk keterampilan medis. Disamping itu mereka juga dilengkapi dengan sebuah mobil penyelamat berjenis Ranger, 2 buah kendaraan roda dua, 1 buah speed boat, 1 buah kapal karet dan 1 buah genset berjalan, serta peralatan selam yang akan dikirim oleh Basarnas Banjarmasin.

Dia juga mengakui bahwa fasilitas mereka itu belum terlalu lengkap, namun itu sudah bisa diandalkan untuk ikut berpartisapasi dalam menyelamatkan korban bencana di seputaran Kotabaru. Dan, tambahnya, para warga Kotabaru jangan segan untuk menghubungi mereka ketika ada kejadian bencana yang menimpa, karena tugas itu memang ada di pundak tim Basarnas.

“Kami tidak sendiri, masih banyak juga tim-tim di Kotabaru yang bersedia menyumbangkan tenaganya dalam penanggulangan bencana, sebut saja tim dari Angkatan Laut Kotabaru dan Pol Air Kotabaru, mereka semua sudah sangat terampil dalam menanggulangi bencana-bencana yang terjadi di perairan Kotabaru,” ujarnya lagi.

Sementara warga Pulau Laut Barat yang sempat bertemu dengan Radar Banjarmasin mengaku senang dengan janji dari Basarnas itu. Mereka berharap, meski Pulau Laut Barat termasuk daerah yang jauh dari pusat kota, tapi tim bisa tetap mebantu mereka ketika diperlukan. Karena selama ini mereka sendiri ingin sekali melihat tim yang terkenal sigap dan tangkas dalam menanggulangi bencana di laut. (mr-119)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar