Jumat, 03 Februari 2012

Kotabaru, Rencana Pindahkan Terminal Seorongga ke Kantor Camat

Dinas Rencana Alih Fungsikan Kantor Camat Jadi Terminal

KOTABARU – Kepala Dinas Perhubungan M Riduan R S Sos mengatakan kepada Radar Banjarmasin di kantornya, Selasa (31/01), kalau sebaiknya terminal Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir dialihfungsikan menjadi kantor Camat, dan kantor Camat dipindahkan ke terminal.

Pengalihfungsian tersebut katanya, karena selama ini terminal serongga sangat jauh dari kota, sedang kantor Camat berada diporos jalan. “Kalau kantor Camat dialihfungsikan menjadi terminal maka itu akan sangat memudahkan warga dalam bertransportasi, karena selama ini warga disana masih banyak yang berpergian denga menggunakan jasa angkutan darat,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kalau sebenarnya bangunan terminal disana, dinas perhubungan yang dulu sudah salah dalam menempatkan terminal, dan akibatnya terminal disanan sekarang jarang dipakai dan difungsikan sebagaimana mestinya. Seandainya, tambahnya lagi, dinas yang dulu benar-benar membangun dengan tepat maka tidak akan terjadi bangunan yang nanti tidak efisien dalam pengunaanya.

Warga disana sendiri yang dihubungi Radar Banjarmasin via seluler membenarkan usulan dari Dinas Perhubungan. “Ya, kalau bisa, terminal itu dekat dengan pusat kota, jadi masyarakat dari berbagai daerah bisa dengan mudah menjangkaunya,” ujar Amat warga disana.

Sementara, disana para sopir taksi, katanya, sudah sering mengeluhkan letak terminal yang agak jauh dari pusat kota. Selain itu, mereka juga menganggap letaknya kurang strategis untuk sebuah terminal, dimana seharusnya terminal berada pada titik jalan yang mudah dijangkau dari semua arah.

Sedangkan Riduan sendiri, rencananya akan segera mengusulkan hal tersebut ke Bupati Kotabaru, dan harapannya usulan itu bisa diterima. “Pemda sendiri dalam hal ini sudah memberikan lampu hijau dengan usulan kita, dan kalu itu benar bisa direalisasikan maka terminal akan pindah ke kantor Camat, hanya sekedar alih fungsi saja, agar masyarakat disana bisa mendapat pelayanan maksimal dalam bentuk jasa angkutan darat,” tambahnya. (mr-119)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar